Sebaiknya Diwaspadai, jika Gula Darah Naik tanpa Ada Keluhan

Sabtu, 23 April 2016 - 09:01 WIB
Sebaiknya Diwaspadai,...
Sebaiknya Diwaspadai, jika Gula Darah Naik tanpa Ada Keluhan
A A A
JAKARTA - Diabetes merupakan salah satu penyakit menular yang tidak bisa diobati. Agar kualitas hidup diabetesi (sebutan untuk penderita diabetes) tetap baik, mereka harus menjaga kondisi gula darah.

Namun, tak semua penderita diabetes memiliki keluhan. Pada sejumlah kasus, ditemui kondisi naiknya gula darah yang tidak menimbulkan keluhan. Hal ini tentunya harus diwaspadai.

"Kalau gula darah naik dan menimbulkan keluhan, malah bagus. Karena bisa menimbulkan kewaspadaan. Jadi misalnya benar-benar menjaga makannya, dengan tidak makan yang manis-manis," papar Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospital ASRI, dr. Mulyani Anny Suryani Gultom Sp.PD saat ditemui Sindonews di Gelanggang Olah Raga Ragunan, Jakarta, Minggu (17/4/2016).

Akibatnya, tidak adanya gejala gula darah naik membuat diabetesi menjadi dokter untuk dirinya sendiri. Mereka pun menilai, jika kondisinya sudah lebih baik, malas periksakan diri ke dokter, mengurangi dosis obat hingga tidak mengonsumsi obat.

Hal ini pun diperparah dengan minimnya pengetahuan penderita diabetes tentang penyakit ini dan belum pernah memeriksakan kadar gula darahnya.

Pasalnya, banyak orang menilai lemas dan haus merupakan salah satu hal yang wajar. Padahal, hal tersebut merupakan salah satu gejala dari naiknya gula darah.

"Sering merasa haus dan banyak buang air kecil juga dianggap wajar. 'Wajar dong saya buang air kecil terus kan memang minumnya banyak'. Karena itu penting banget untuk memeriksakan kesehatan setahun sekali," pungkasnya.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)